Sabtu, 04 Februari 2023

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E : Menulis Teks Negosiasi Berbentuk Naratif


KEGIATAN PEMBELAJARAN 4

Menulis Teks Negosiasi Naratif dengan Logis, Kreatif dan 

Alur yang Runtut



Teks negosiasi tidak hanya berbentuk dialog atau percakapan. Kalian juga bisa menemukan teks negosiasi yang berbentuk naratif (cerita). Untuk lebih memahaminya, kalian bisa mencermati perbedaan bentuk kedua kutipan teks di bawah ini!

Teks 1



Teks 2



Berdasarkan kedua teks di atas, silakan kalian bentuk kelompok dan diskusikan apa saja perbedaan keduanya. Isilah tabel di bawah ini sesuai dengan perbedaan yang kalian temukan pada bentuk kedua teks tersebut!


Apakah kalian sudah memahami kedua bentuk teks tersebut? Jika sudah, kalian dapat berlatih menyusun sebuah teks negosiasi berbentuk narasi dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tanda baca yang tepat. Untuk itu, cermati teks di bawah ini. Kemudian, ubahlah menjadi bentuk teks narasi yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tanda baca yang tepat!


Belajar, Berbagi dan Tumbuh Bersama . . . !

Buya Imam Muhlis adalah seorang blogger dan guru bahasa Indonesia SMK Negeri dari Pasuruan - Jawa Timur yang ingin berbagi bagaimana mengajar bahasa Indonesia yang menyenangkan, berbagi materi bahasa Indonesia, video pembelajaran , perangkat pembelajaran dan pembahasan soal- soal bahasa Indonesia. Baca profil selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon