Selasa, 27 Agustus 2024

Pembelajaran Bhs. Indonesia Bab 1-Fase E-Kelas X : “Menulis Laporan Hasil Observasi yang Objektif”


Menulis Laporan Hasil Observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Menulis laporan hasil observasi dengan runut, sistematis, dan analitis dengan mengutip sumber rujukan secara etis sebagai sumber informasi pendukung.

B. Media Pembelajaran
  1. KBBI (cetak atau daring) 
  2. Telepon pintar 
  3. Tesaurus (cetak atau daring) 
  4. Internet 
  5. Alam sekitar
  6. Kamera/perekam video
Ayo Berlatih !
Menulis informasi dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.

Sekarang, saatnya kalian menulis laporan hasil observasi. Namun, sebelum itu tentu kalian harus melakukan observasi. Agar kegiatan observasi berjalan lancar, perhatikanlah panduan berikut.
  1. Tentukan objek apa yang akan kalian observasi. Objek tersebut harus menarik dan dikuasai. Memilih objek yang ada di sekitar kalian dapat membantu dalam pengamatan. 
  2. Tentukan hal apa saja yang akan kalian amati dari objek tersebut sebagai panduan pengamatan. Kalian dapat melihat contoh perincian tersebut pada saat mengidentifikasi struktur laporan hasil observasi Belalang Anggrek dan Tonggeret. 
  3. Lakukanlah observasi dengan menggunakan panduan pengamatan yang telah dibuat. Carilah informasi seakurat mungkin. Jika perlu dan memungkinkan, ambillah gambar objek observasi kalian atau bawa beberapa sampel objek tersebut. Jika memiliki kamera atau alat perekam video, kalian juga dapat mendokumentasikan kegiatan observasi dalam bentuk foto dan atau video.
  4. Susunlah kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi, yaitu definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.
Tabel kerangka laporan hasil observasi
5. Kembangkanlah kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Pada tahap ini, kalian harus memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik laporan hasil observasi yang telah dipelajari pada bagian sebelumnya. 

6. Periksa kembali laporan kalian. Kalian dapat menggunakan instrumen berikut untuk memeriksa apakah laporan hasil penelitiannya sudah tepat atau belum.

Tabel daftar periksa laporan hasil observasi

C. Metode dan Aktivitas Pembelajaran
1. Apersepsi 
Siswa diajak untuk mengambil pelajaran tentang pentingnya cara sitasi yang tepat dalam sebuah karya dari beberapa studi kasus yang guru sampaikan.

2. Pemantik 
Mengajak siswa untuk mengurai teks Mencari Kunang-Kunang di Situ Gunung menjadi peta konsep.

3. Kegiatan Pembelajaran
  • Guru mengajak siswa menentukan objek observasi. Siswa diarahkan untuk memilih objek observasi yang ada di sekolah. 
  • Siswa membuat rencana rincian hal-hal yang akan diamati dari objek observasi. Siswa dapat menggunakan contoh peta konsep pada kegiatan pemantik. 
  • Siswa diberi waktu untuk melakukan observasi di sekitar lingkungan sekolah. Arahkan siswa untuk mendokumentasikan kegiatan dan objek observasi jika memiliki alat dokumentasi. 
  • Siswa mengembangkan informasi yang didapat selama observasi menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. 
  • Siswa diarahkan juga membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari sumber lain yang relevan. 
  • Siswa menilai sendiri tulisannya dengan menggunakan instrumen yang terdapat pada buku paket siswa. 
  • Guru memberikan masukan terkait isi dan teknis penulisan kepada siswa. 
  • Siswa merevisi tulisannya sesuai dengan masukan yang diberikan guru. 
  • Siswa memajang hasil tulisannya di meja agar siswa lain dapat memberi masukan atau komentar. 
  • Siswa diberi apresiasi oleh guru terkait latihan yang sudah dikerjakan. 
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapat. 
  • Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. 
  • Guru menutup pembelajaran.

D. Kesalahan Umum 
Sering kali siswa tidak diberi kesempatan untuk melakukan proses pembuatan draf dan mendapatkan umpan balik atau masukan dari guru dan temannya untuk memperbaiki tulisannya sebelum dikumpulkan menjadi naskah akhir.

E. Aktivitas Rrefleksi 
Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan. Siswa juga dapat menggunakan label kertas untuk menuliskan hasil refleksinya terhadap kegiatan untuk kemudian ditempelkan di sebuah karton/bidang khusus yang disediakan guru.

F. Penilaian
Rubrik penilaian menulis LHO

G. Kegiatan Tindak Lanjut 
Siswa dapat mengubah teks laporan hasil observasi yang telah dibuat menjadi scrap book atau buku tempel yang terdapat pada aktivitas “kreativitas” di buku siswa. Siswa yang memiliki laptop/komputer dapat membuat buku tempel dalam bentuk digital menggunakan power point, sway, ataupun aplikasi lainnya.

Buya Imam Muhlis adalah seorang blogger dan guru bahasa Indonesia SMK Negeri dari Pasuruan - Jawa Timur yang ingin berbagi bagaimana mengajar bahasa Indonesia yang menyenangkan, berbagi materi bahasa Indonesia, video pembelajaran , perangkat pembelajaran dan pembahasan soal- soal bahasa Indonesia. Baca profil selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon