Kamis, 10 Agustus 2023

Materi Pembelajaran Bhs. Indonesia Fase F_Struktur Teks Prosedur


 Struktur Teks Prosedur


Berdasarkan penjelasan mengenai karakteristik teks prosedur, Anda telah mengetahui bahwa informasi yang disajikan dalam teks prosedur bersifat objektif dan faktual. Informasi tersebut disusun secara sistematis, mulai dari pernyataan umum yang mengungkapkan tujuan yang hendak dicapai, alat dan bahan yang akan digunakan, tahapan-tahapan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, hingga pernyataan penutup atau simpulan. Berikut penjelasan dari tiap bagian tersebut.


a. Tujuan

Bagian ini merupakan pengantar topik yang akan dijelaskan dalam teks prosedur. Bagian ini juga berisi penjelasan singkat dan tujuan akhir yang akan dicapai.


b. Material

Pada jenis teks prosedur tertentu, sebelum membahas bagian langkah-langkah, terlebih dahulu dipaparkan material ( alat dan bahan ) yang digunakan beserta takarannya.


c. Langkah-langkah ( Petunjuk )

Bagian ini berisi langkah-langkah atau petunjuk kerja yang diuraikan secara terperinci untuk mencapai tujuan atau hasil akhir yang diinginkan. Umumnya, bagian ini disajikan dalam bentuk poin-poin atau penomoran. Hal ini bertujuan mempermudah pembaca memahami dan mempraktikkan langkah-langkah yang disajikan. Namun, tidak jarang pula petunjuk kerja dituliskan dalam bentuk narasi.


d. Penutup

Bagian ini berisi simpulan mengenai tahapan atau prosedur kerja yang telah dilakukan. Bagian ini juga memaparkan beberapa saran dari penulis untuk membaca. Namun, bagian ini bersifat opsional.


Asah Literasi.

Untuk mengasah literasi Anda, bacalah dengan cermat teks prosedur berikut. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Sebab, hand sanitizer terbukti secara klinis mampu mengurangi bakteri, kuman, dan virus yang menempel pada tangan manusia.

Kebutuhan akan benda satu ini tampaknya semakin meningkat di tengah pandemi virus corona covid-19 yang merebak ke seluruh dunia beberapa tahun lalu. Tidak perlu khawatir, hand sanitizer dapat Anda produksi sendiri menggunakan bahan-bahan alami di sekitar.

Berikut merupakan cara membuat hand sanitizer menggunakan daun sirih yang direkomendasikan oleh dr. Retno Sari, MSC., Apt, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR:
Kandungan Pada Hand Sanitizer

Penemuan hand sanitizer yang dapat menggunakan bahan alami seperti daun sirih ini pertama kali diteliti di Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR pada tahun 2006. Pada saat itu, flu burung juga menjadi pandemi yang menyebar ke seluruh dunia.

Pada umumnya, hand sanitizer mengandung senyawa etanol yang lebih dari 70 persen. Untuk membuat hand sanitizer pada umumnya, sebenarnya mudah. Namun, masyarakat akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan bahan kimia ini dikarenakan beberapa syarat khusus yang harus diperhatikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Retno Sari, MSC., Apt menuturkan bahwa air daun sirih sebanyak 15 persen ke atas sama efektifnya dengan etanol 70 persen untuk mengurangi jumlah bakteri dan virus.

Persiapkan Bahan :
Bahan yang dapat dipersiapkan untuk membuat hand sanitizer alami yakni sebagai berikut:
  1. 50 gram daun sirih
  2. 200 ml air panas
  3. 200 ml air bersih
  4. 8 ml air perasan jeruk nipis

Persiapkan Alat :
Alat yang perlu Anda persiapkan untuk membuat hand sanitizer yang ekonomis dan mudah yaitu antara lain:
  1. Kompor 
  2. 2 buah panci 
  3. Gelas ukur 
  4. Botol spray 
  5. Pisau 
  6. Saringan

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih
  1. Cuci 50 gram daun sirih hingga bersih Keringkan daun sirih dengan cara diangin-anginkan
  2. Setelah dipastikan kering dan bersih, potong daun sirih tersebut menjadi kecil kecil
  3. Tuang 50 g daun yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam panci yang berisi 200 ml air panas
  4. Setelah selesai, ambil panci lain yang lebih besar Isi panci tersebut dengan air dingin
  5. Masukkan panci yang berisi rendaman daun sirih ke dalam panci yang lebih besar
  6. Rebus daun sirih dengan cara seperti ditim Gunakan api kecil Panaskan hingga 90 derajat celcius
  7. Setelah selesai, diamkan dan tunggu hingga 30 menit Setelah dingin, saring rendaman daun sirih ke dalam gelas ukur
  8. Tuangkan air daun sirih hingga mencapai 15 persen
  9. Tambahkan 8 ml air jeruk nipis dan air secukupnya, lalu aduklah hingga merata
  10. Setelah tercampr tuangkan ke dalam botol spray
  11. Hand Sanitizer siap digunakan

Latihan 1

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
  1. Berdasarkan jenisnya, teks tersebut termasuk jenis prosedur ...
  2. Dalam teks prosedur tersebut, pada paragraf ke berapakah Anda dapat menemukan struktur tujuan ?
  3. Setelah membaca dan mencermati teks prosedur tersebut, Anda kini memahami langkah-langkah membuat hand sanitizer menggunakan air daun sirih. Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut ? Berilah tanda (√) pada kolom yang tersedia dan tuliskan alasan Anda.

  1. Berdasarkan teks tersebut, tentukan pernyataan berikut benar atau salah. Berilah tanda (√) pada kolom yang tersedia.

Uji Kemampuan Diri

Setelah Memahami penjelasan tentang struktur pembangun teks prosedur, Anda akan berlatih mengidentifikasi struktur teks prosedur berjudul “ Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih “. Uji kemampuan Anda dengan melengkapi tabel berikut.



Buya Imam Muhlis adalah seorang blogger dan guru bahasa Indonesia SMK Negeri dari Pasuruan - Jawa Timur yang ingin berbagi bagaimana mengajar bahasa Indonesia yang menyenangkan, berbagi materi bahasa Indonesia, video pembelajaran , perangkat pembelajaran dan pembahasan soal- soal bahasa Indonesia. Baca profil selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon